Wednesday, April 25, 2007

Antisipatif, Reaktif dan Proaktif

3 kata ini muncul ketika saya membaca majalah Tarbawi yang bertemakan JANGAN SAMPAI MASALAH MENDAHULUI KEMAMPUAN SOLUSI KITA.

Cuma yang menjadi fokus dalam pembahasan dari majalah tersebut hanyalah ANTISIPATIF. Mungkin bagi sebagian orang mengantisipasi masih sulit. Ibaratnya menyediakan payung sebelum hujan disaat hari cerah dan matahari bersinar terik.

Bagi orang yang REAKTIF, setelah hujan datang barulah ia memikirkan apa yang harus diperbuat. Tapi biasanya, jika kondisi seperti yang diceritakan diatas, kebanyakan dari kita yg reaktif justru lebih banyak menyalahkan. Kenapa dalam cuaca yang sangat cerah bisa turun hujan lebat.

Namun bagi yang PROAKTIF, kejadian turunnya hujan disikapi sebaik-baiknya. Tidak dengan menyalahkan terjadinya hujan, namun berusaha mencari pengganti payung untuk melindungi diri dari hujan.

Sedangkan pribadi yang ANTISIPATIF, selalu menyediakan payung kemanapun dia pergi. Tidak peduli panas ataupun hujan, payung akan selalu tersedia di dalam tasnya.

Menjadi pribadi yang Antisipatif bukanlah hal mudah. Karena kita tidak pernah membiasakan diri untuk berfikir dari akhir. Walaupun di dalam Islam sendiri ada ajaran untuk memikirkan akhirat. Namun tidak banyak yang menjadikan acuan untuk bertindak.

Walaupun kita mengerti akhir yang kita tuju apa, namun dalam pelaksanaan terkadang justru melenceng menjauh dari tujuan semula. Untuk itulah kita mesti memikirkan hal untuk mengantisipasi agar tujuan yang hendak kita capai tidak melenceng.

Selamat berantisipasi. Semoga sukses...

No comments: